Selasa, 23 Desember 2014

LAPORAN PERKEMBANGAN BISNIS

B15-Hasnul Rinaldi 41512010082

Nama Usaha : -----POP ICE ART-----












BAB  I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika membeli minuman.
Zaman dulu orang membeli minuman hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli minuman. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam minuman yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli minuman adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam minuman tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu,  minuman banyak menjadi pilihan manusia untuk bersantai dan melepas dahaga, dimana dari segi rasa, beberapa minuman menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga minuman pun mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.

1.1  Visi
·         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·         Menjadi salah satu usaha tersukes di Indonesia.
·         Memperoleh pelanggan yang banyak.

1.2  Misi
·         Terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik.
·         Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
·         Memberikan pelayanan yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
·         Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yg memukau.

1.3  Tujuan Usaha
Menjadi salah satu usaha yang sukses di tangerang dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka banyak cabang di Indonesia dan menampung banyak karyawan.

BAB 2
RINGKASAN BISNIS

2.Profil Usaha
Nama Usaha     : Pop Ice Art
Nama Pemilik   Hasnul Rinaldi
Alamat Usaha   : Jl. Imam Bonjol No.22, Tangerang
Telepon            : 089618342228

BAB 3
PRODUK

3.1  Gambaran Produk
Produk pop ice saya berbeda dari pop ice yang lainnya. Saya mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan menu pop ice. Saya tidak hanya menjual pop ice biasa pada umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni pop ice bermacam-macam rasa dan dilengkapi cream yang khas. Saya harap dengan ide dan inovasi saya dalam menjual pop ice, dapat menarik para pembeli sehingga dapat meningkatkan omset penjualan saya.

3.Gambaran Penjualan
Dalam pelaksanaannya, saya akan menjual pop ice ditempat yang strategis, yakni di Jalan Imam Bonjol No.22 Tangerang  yang merupakan salah satu tempat yang strategis di Tangerang. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan saya agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan pop ice saya dapat berjalan dengan sukses.

BAB 4
ANALISIS SWOT

1.  Strenght (Kekuatan)
·      Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha roti bakar yang lainnya yaitu roti  bakar buah dan roti bakar ice cream.
·      Tempatnya strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
·      Rasanya sangat enak.
·      Harganya cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
Selai yang digunakan untuk roti bakar berasal dari buah segar dan tanpa pengawet karena dibuat sendiri.

2.  Opportunity (Peluang)
·      Digemari sebagian besar masyarakat.
·      Ciri khas menu yaitu roti bakar menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
·      Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.

BAB 5
PERENCANAAN KEUANGAN

1.   Modal
·      Meja                                   Rp. 200.000,-
·      Blender                               Rp. 150.000,-
·      Gelas Plastik                        Rp. 60.000,-
·      Sedotan Pop Ice                  Rp. 40.000,-
·      Cream, Dll                           Rp. 50.000,-
Total                                   Rp. 500.000,-

2.  Daftar Harga
·      Harga pop ice                      Rp. 5.000,-

3.  Pendapatan
Target penjualan pop ice per hari adalah 30 pop ice. Waktu berjualan Senin-Minggu. Atau dalam sebulan menjual 600 pop ice.
Pendapatan Harian       = Rp. 5.000,-     x 30 buah   = Rp. 150.000,-
Pendapatan Bulanan    = Rp. 150.000,- x 30 hari    = Rp. 4.500.000,-

BAB 6
PENUTUP
A.  Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, saya tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Saya akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan saya, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa pop ice yang saya buat. Karena apabila kualitas pop ice saya tidak saya tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.

B.   Kesimpulan

Menurut saya usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang. Saya sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi saya akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar